Jumat, 03 September 2010

Mengembalikan (Repair) Program Windows Melalui System Restore



Pada artikel Loading Komputer Lambat, komputer saya ada yang error, saat booting menjadi lama, perkiraan saya karena antivirus AVG dan Antivir (Avira) yang berusaha mencari update-an. Setelah googling beberapa hari tidak menemukan cara untuk memecahkan masalah tersebut. Secara kebetulan komputer yang satu setelah menginstal sebuah program juga menjadi lambat kerjanya. Akhirnya saya menggunakan fitur System Restore bawaan Windos XP untuk mengembalikan setting komputer. Jadi apabila ada yang crash/ masalah dengan komputer, gunakan saja System Restore untuk mengembalikan seperti semula. Berikut tutorialnya.
Dari Start MenuAll ProgramAccessoriesSystem ToolsSystem Restore. Akan tampil jendela System Restore, pilih Restore my computer to an earlier time, kemudian klik Next. Pada jendela Select a restore point pilih tanggal perkiraan komputer mulai crash/ error. Tanggal untuk restore point tertulis dengan cetak tebal. Kalau ingin merestore beberapa bulan sebelumnya, klik panah di sebelah kiri nama bulan. Cari tanggal restore point yang tercatat komputer.
Pada kolom 2 di sebelah kanan kalender, catatan restore point pada tanggal tersebut, anda bisa memilih salah satunya jika yakin awal mulainya kerusakan Windows.
Setelah itu pilih Next sampai selesai. Proses restore komputer akan restart/reboot sendiri, tunggu saja sampai selesai ditandai dengan munculnya tulisan succesfull (atau kata lain, saya lupa).
Catatan :
  1. Sebagai langkah hati-hati, maka sebelum install sebuah program/aplikasi tertentu sebaiknya kita membuat restore point terlebih dahulu, karena tidak semua program membuat restore point. Atau kalau kita ingin mengutak-atik komputer, sebaiknya buat restore point terlebih dahulu, apabila terjadi sesuatu yang crash dan tidak tahu/ ingat letak kesalahannya, tinggal kita restore. Untuk membuta restore point: Start MenuAll ProgramAccessoriesSystem ToolsSystem Restore. Pilih Create a restore point, kemudian Next. Pada kolom Restore point description beri nama sesuka anda, selanjutnya klik tombol Create. Restore point sudah anda buat.
  2. Apabila komputer terdiri dari beberapa partisi (drive), misalnya C, D, E dan seterusnya, maka agar restore komputer cepat sebaiknya drive selain C system restore-nya di non-aktifkan. Caranya klik kanan My Computer pilih Properties. Pada jendela System Properties pilih tab System Restore. Pilih selain drive C, misalnya klik drive D kemudian klik tombol Setting di sebelah kanannya, beri centang pada pada Turn off system restore on this drive, kemudian Ok. Lakukan hal yang sama pada drive yang lain (tergantung jumlah partisi/drive komputer anda).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar